this blog is connected to j-esshyr.tumblr.com

Saturday 1 August 2009

batak itu mahal

jadi tadi gue ke gereja kan pagi. kakak guru sekolah minggu gue nikahan.
nah gue, choky, sama abib seperti biasa menerima panggilan ngiringin. yaudah kan tuh ya.
acaranya ngaret setengah jam ckckck. padahal harus udah di gedungjam 11 katanya. mana sempet dah kak.
pas prosesi pengantin, anjrit keren parah yang nyanyi. lagunya "VOW" huaaaaa tapi ka jesly kesannya buru buru sih. jadi kurang rasanya. padahal itu keren sangat. berhubung gue gak ketemu lagunya gue kasih lyricsnya aja
i'm standing here before you, making a vow in front of you
lead me lord from this moment on
for better or worse in sickness and in health
i'll carry him every time, we have in our life
lord i thank you for this blessing you gave him to me
lord i thank you from this moment let me love him until death do us apart
terus kebaktian udah selesai. mau ke gedung. acara resepsi + adat. nah berhubung nyokap gue mau ada acara kawinan yang lain. jadilah gue dititipin. akhirnya gue, tika, sama ka cici ke gedung MULIA RAJA. katanya sih katanya yaaaaa, mulia raja one of the expensive. iyalah, ka jesly anak satu satunya gitu masa mau di Gorga? huahahahah. sebenernya gue sama ka cici ikut ke gedung cuma ngincer chocolate melted-nya doang. yang katanya enak parah. huahaha sedeng ya kita? cuma demi makanan.
yaudah kan dianter nyokap gue ke mulia raja, nah ntar pulang sama nyokapnya ka cici. yaudah deh. kita langsung ke atas kan ke tempat yang prasmanan. soalnya disitulah tersedia chocolate melted yang ditunggu-tunggu.
sebelomnya foto-foto dulu. biasa kalo ada ka amel pasti harus foto. nunggu pengantin dateng kan tuh ya. pas dateng, ternyata ke bawah dulu. masuk resepsi. nikahnya ka jesly sih gue bilang gak terlalu batak. soalnya yang musiknya pake full band plus gondang doang. bukan bener bener gondang yang pake suling segala macem. ini full band yang ada drum bahkan SAXOPHONE. huahaah suling tergantikan oleh saxo. masuk kan tuh, ada yang martumba gitu (fyi: martumba=nari). lagunya arbab. bayangin aja arbab versi modern. terus yang martumba kan biasanya nyeker ye, ini kagak. pake sepatu, mending flat shoes gitu, nah ini? sepatu hak! astagaaaa. geraknya gimana dah tuh? harus jongkok-jongkok maju diri lagi astaga dragon.
terus udah gitu. sampe dibawah, pengantin ke atas lagi. resepsi yang biasa.
sampe atas salam-salaman foto-foto gitu doang. sementara yang dibawah duileh. yang bacain rundown acaranya udah teriak pake mic, "TULANG SIAN PARBORU!" huahah MC yang diatas kalah ckckck. terus mulai musiknya yang dibawah, ngasih beras (tandok), arsik, gitu gitu deh. rame parah. gue habis salam ka jesly di atas. langsung hajar bleh. CHOCOLATE MELTED 1st. huahahah enak cuyyyy. terus pas makan gitu gue udah makan chocolate melted, siomay, sama kue. baru selesai yang ngasih beras gitu gitu ckckck. terus baru dari yang paranak (pihak cowo) mulai. nah pas yang ini gue meratiin. yang paling depan itu yang bawa beras di kepala ada 2 orang. yang satu masih dipegang, terus tangan satunya nortor. yang satu lagi udah di kepala aja tandoknya, dia nortor. katanya ka ade, kalo masih bisa bawa di atas kepala berarti masih orang kampung asli kalo nggak brarti udah orang kota. huauauauau. trus katanya yang paling depan itu boru (anak cewe) paling tua, it means, kalo sodara gue ada yang nikah atau apa. itu mungkin aja terjadi kalo gue yang paling depan. good banget deh jadi anak pertama repotnyeeeee.
terus dengan beribu rasa penasaran gue nanya nanya mulu. sumpah yeee, gue mikir ntar 10 tahun lagi gue nikah sama batak juga berapa duit yang mak bapak gue harus keluarin buat ngadain adat ginian? kemaren aja kakaknya ka ade nikah di Gorga abis 70 juta ckckck. nih gedung aja sekarang katanya udah 50 juta termasuk makan, tapi itu baru yang di tempat standar. gimana yang di tempat kayak mulia raja? istilahnya ka ade tadi, kaya pas pesta besok tinggal ngontrak. gila banget deh. belom ulos, sewa gondang, sewa yang nari, bayar raja adat, bayar yang marhata, bayar yang MC-nya gitu, terus sinamot, ingot-ingot. gile abis daaah. trus kata ka ade tadi MC-nya lebih mahal dari pada raja adat. soalnya MC itu harus tau urutan siapa duluan yang harus kasih sinamot yang kasih ulos. ketuker satu aja, bisa perang dunia dahhhh. ckckck.
terus kata kak ade gini, "batak itu mahal jes. kamu liat aja acara kawinan adat gini batak itu paling ribet, paling banyak keluar duit. tapi itu worth it banget, bakal untungnya di kamu. soalnya kalo adat gini gak cuma nikahin 1 orang sama 1 orang lagi. tapi nikahin seluruh keluarga. jadi 2 keluarga bener bener jadi satu. semua kenal jadinya, gak ada yang gak kenal. makanya orang batak jarang ada yang cerai paling ada sih cuma kan gak banyak. soalnya bakal banyak yang support mereka kalo ada masalah" ternyata begituuuu. gile yak. ini sih bakal lebih mahal daripada lo nikahin anak lo di hotel mulia. apalagi kalo keluarga lo sepupunya banyaaaaaaaaaak banget. itu bakal mahal. tapi kalo batak sih ye kata mak gue. tergantung kesepakatan orang tuanya mau pestain anaknya seberapa besar. terus kalo kita ngomong, udah di pestain aja tapi yang simple. GAK BAKALI BISA! sesimple-simplenya batak itu ribet ckckck.
belom lagi kalo gitu kan berarti harus tau tulang yang mana, namboru, hula-hula, dan semacamnya. hula-hula aja beda beda cuy. so far i know, baru hula-hulahula ni anak na manjae (pardon if i got the wrong spelling) tapi tadi ketemu lagi gue di papan tempat duduk, hula-hula namarhamaranggi. nah lo apan lagi tuh gak tau ckck. mak bapak gue berarti jago juga ya, kenal gitu yang mana yang mananya, arisan udah kenal semua ckckck. salut gue. nah gue? arisan aje males -___-"
udah back to my story. habis gitu kan nunggu nyokap ka cici. dateng akhirnya tapi sama opungnya william. mau pulang kan gak enak juga ninggalin opung sendiri nungguin tante lolita. ya udah kita nunggu dulu kan berapa lama tuh pokoknya sampe makanan udah abis, gak bisa di palas (dibungkus) huahahaaaa padahal mau gue bungkus tuh udang-nya enak cuy. eh ka ade udah keburu ngantuk jadilah kita memutuskan pulang duluan naik taksi. tadinya malah mau naik 03, turun kampung melayu, naik 02a. tika naik bajaj aja ke tebet barat hhahahah. tapi gak boleh sama nyokap ka cici. jadi deh keluar dari situ. sumpah gile panas paraaah. ckckck jalan kan ke depan. eh pas jalan ke depan mobilnya tante lolita lewat, buka kaca nanya mau kemana terus ka ade ngomong gitu, tapi berhubung macet jadilah di klakson klakson ya udah langsung jalan lagi. eh ka cici baru kepikiran kenapa ga nebeng aja ke dalem. terus pulang sama nyokap ka cici. gubraaaaak. tapi berhubung ke luar aja susah banget jadi kita mikir juga. yaudah lah gak usah. lagian juga nyokap ka cici kan mau ke pesta lagi.
ya udah deh kita jalan terus sampe ke jalan raya. terus langsung dapet taksi. pas sampe di tebet, eh nyokap ka cici telpon nanya udah dimana terus bilang kenapa tadi gak jadi nebeng aja, kan tante lolita udah sampe terus dijelasin ama ka ade, pas lagi di jelasin gitu tiba-tiba nyokap ka cici teriak gitu terus ngomong apa gitu gak jelas, ya udah kata ka cici matiin aja. dimatiin ama ka ade. eh terus telpon lagi gini

nc : nyokap ka cici ; kA : ka ade

kA: iya kak, tadi kenapa kak? keputus gitu
nc: iya nih resek tadi ada orang nabrak gue dari belakang
kA: yampun kak
nc: iya tuh resek gak liat liat
kA: cewe cowo kak?
nc : heee amang oi. cowo
kA: ganteng gak kak? hahahah
nc : mana ku tau. tak sempat aku perhatikan orang lagi kesel. cakep tapi kayaknya
kA: yampun si kakak. papa cici gimana tuh jadinya kak? ckckck
nc : HAHAAHAHAHAH

begitulah kegilaan sekolah minggu gue. ckckckck. terus nganterin tika. eh pas nganterin tika ada bang adi sama ceweknya apa bukan gatau yang tadi diajak ke pesta. masuk ke REXINTRA alias rumah abib. huahahaha kata ka ade, mau minta restu kali sama papanya abib. huakakakak sinting. terus udah nganterin tika gitu, nganterin ka cici, baru gue. huahahah asik deh tadi

No comments: