this blog is connected to j-esshyr.tumblr.com

Monday 19 April 2010

#deardepdiknas

saya disini hanya ingin memberikan pendapat. tidak lebih. dari sudut pandang saya murni. saya hanya ingin menambahkan postingan teman saya thata dan adin. NO OFFENSE PLEASE! INI NEGARA BEBAS PAK!

meskipun saya tidak terlibat di dalamnya, tapi saya hanya ingin memberikan pendapat atas dasar keinginan saya sendiri--------------

ini tentang Ujian Mandiri yang secara tiba-tiba dan mendadak sosialisasinya.

jadi kan selama ini harusnya anak SMP mau masuk ke SMA negeri pake NEM. nilai NEM tergantung UAN kan. semakin tinggi NEMnya semakin bagus SMA yang di dapet. nah terus beberapa waktu lalu kan dibikin SMA Negeri yang ada SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). umumnya yang ada SBI adalah SMA SMA unggulan di DKI dan seluruh Indonesia. sekarang kalau mau masuk SMA unggulan itu harus pake tes mandiri sendiri. karena sekolah itu gak ada reguler lagi. jadinya RSBI (Rintisan SBI) jadi bilingual gitu, kurikulumnya campur.

it's okay sih menurut gueeeee tapi jangan dadakan gitu dong ya. jadi kan yang awalnya kita prepare buat UN udah siap bimbel, PM mati matian di sekolah, tambahan buat UN demi masuk SMA unggulan udah gak ada gunanya. dikasih tau setelah UN. bikin capek otak. jadi selama ini udah tenang gak belajar lagi eh tiba-tiba harus buka buku lagi.

menurut gue, yang gak punya duit gimana dong? RSBI kan otomatis uang masuk lebih banyak dong? iya kan. gue ngalamin soalnya di SMP. gue denger dari temen gue buat masuk ke salah satu sekolah itu minimal 15 juta. lah kalo selama ini orang tuanya prepare buat masuk sekolah negeri yang "murah" gimana dong? dulu kan range nya 5-15 juta kalo ga salah. nah sekarang? kalo nyokapnya udah nabung terus kekumpul 8 juta nih misalnya terus berarti dia harus nabung lagi dong dalam waktu APRIL-JUNI? lu gileeeeeeeeee kali yeeeeeeee. kasian yang nggak mampu dong. gimana mau pinter rakyatnya? terus yang parah ada SBI yang katanya ya katanya 60 juta? terus total total 200 juta setaun. FANTASTIS! duit kuliah aja gak segitu men!

dan gue sebagai anak RSBI di SMP merasakan plus minusnya RSBI. emang sih kata guru gue buat menyiapkan bangsa Indonesia bersaing dengan bangsa lain gak ada kendala bahasa. tapi coba deh kendala bahasa? lo belajar aja bilingual gak usah pake RSBI. betul? di pelajaran bahasa inggris dikit-dikit diselipin materi IPA gitu kek. coba lo peratiin deh kalo di mall-mall orang tajir, anak kecil yang biasa dijagain susternya udah gak ngerti lagi bahasa indonesia. ngomong pake bahasa inggris terus. sekarang kita mau ciptain generasi yang kayak gitu juga?

terus untuk program RSBI yang "AGAK MENDADAK" kayak gini gue ada pertanyaan. apa guru-gurunya siap dadakan gini juga? gue sih  mengalami di SMP yang nggak dadakan aja ya gurunya belom 100% siap. apalagi gini? okay sebelomnya sekolah itu ada SBI. tapi apa semua guru sanggup? terus pengalaman gue sekarang RSBI program native speaker, belajar kurikulum luar cuma berhasil 1 tahun pas kelas 1. kelas 2 udah mulai bilingual. kelas 3 gue sama temen temen gue harus mati matian lagi ngejer bahasa Indonesianya yang buat UN dan ternyata gak dipake buat masuk SMA.

jujur sih gue kalo jadi temen temen gue sakit hati ya serba dadakan. malah nyokapnya temen gue bilang gini "Ya udah gak usah ikut ujian mandiri. Ribet. Ikut PSB online aja biar cuma 20%. Tawakal aja deh" tuuuuuuuh sangkin malesnya, sangkin pusingnya, sangkin dadakannya.
gimanapun nasib bangsa ini ada di tangan kita loh generasi muda. kalo kita aja sekolah gak jelas serba dadakan gini gimana ke depan? serba dadakan juga gitu negara ini?

p.s NO OFFENSE!!!!

No comments: